Memilih Sekolah Lanjutan sebaiknya bagaimana ?

Akhir tahun pelajaran, merupakan saat yang memerlukan persiapan matang bagi kalian siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Purbalingga. Betapa tidak, setelah konsentrasi pada kegiatan USBN/UNBK, kalian masih harus memikirkan sekolah lanjutan yang akan dimasuki.
Ada beberapa tips untuk memilih sekolah lanjutan :
1. Kenali Bakat dan Minatmu. Jangan salah memilih sekolah. Apabila kalian tidak memiliki minat pada otomotif atau mesin, maka jangan pernah memilih SMK jurusan tersebut. Karena hampir dipastikan tidak akan sukses. Pernah ada siswa lulus SMP dan diajak temannya untuk masuk SMK jurusan Tata Busana / Boga. Padahal anak tersebut tidak memiliki minat atau bahkan bakat . Ketika praktik make up dan membuat rancanngan busana untuk ditampilkan .... anak ini tetap malu - malu. karena memang dasar awal dia tidak suka make up. Maka ini akan menjadikan dia tidak sukses dalam pendidikan di sekolahnya.
2. Lihat Akreditasi Sekolah dan Prospek ke-depan.  Sekolah yang baik adalah sekolah yang memiliki sarana dan prasarana lengkap serta memperoleh akreditasi minimal baik . Secara kasat mata , sekolah dengan sarana yang baik akan terlihat dari Gedung dan perlengkapan yang ada. Juga didukung oleh jumlah siswa. Karena biasanya, sekolah yang baik itu menjadi sasaran pilihan bagi orang tua atau siswa. Prospek ke depan artinya bahwa sekolah itu banyak meluluskan alumni yang bermutu dan diterima di dunia kerja atau perguruan tinggi .
3. Faktor Biaya. Jelas bahwa sekarang, biaya masih menjadi alasan mengapa sekolah itu ditinggalkan atau diminati. Oran- orang berduit, akan mengejar sekolah sekolah mahal, karena menganggap bahwa sekolah mahal identik dengan sekolah favorit . Walau tidak seluruhnya benar. Maka pilihlah sekolah yang sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua kalian.
4. Jarak dari rumah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menerapkan sistem Zonasi, tidak sepenuhnya mengikat kalian untuk memilih sekolah yang lebih dekat. Itu hanya berlaku untuk SMA Negeri. Sementara SMA swasta yang jauh dari rumah dan bermutu tetap bisa kalian pilih. Terlebih untuk SMK yang mengandalkan seleksi masuk dengan ujian. Silahkan memilih sekolah tanpa dibatasi oleh jarak.
5. Bicarakan dengan Orang tua. Memilih sekolah lanjutan , tidak bisa atas kemauan sendiri sebab kalian belum dewasa. kalian masih harus berkoordinasi dan konsultasi dengan orang tua. Bagaimanapun orang tua yang bertanggung jawab terhadap pendidikan kalian.

Oke ? jadi bersiap siaplah mulai dari sekarang.

Good Luck. 

Komentar